HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.198.170.159
Pengunjung : 325.222






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

Artikel :



HIDUP ADALAH PILIHAN


Rabu; 19 October 2016 [Admin, SMA TARAKANITA 2 JAKARTA] - Artikel Umum

Oleh : Antonina Sri Hartati

Dalam kehidupan,  kita selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan, bisa dua atau lebih dan pilihan  ini bisa mengenakkan atau bisa jadi tidak mengenakkan. Pilihan ini  seringkali membuat kita ragu dalam menentukan, mana yang akan diambil, karena kita  ingin pilihan ini adalah yang paling pas untuk  kita sehingga  membahagiakan saat  dijalani.

Begitu pun yang terjadi pada siswa  kelas 12 SMA. Di  masa-masa akhir SMA ini, mereka harus membuat pilihan.  Apa yang akan mereka  lakukan selepas SMA nanti.  Penentuan ini bukan dibuat pada saat mereka telah menyelesaikan masa SMA nya tetapi justru  pada awal masuk kelas 12 sudah dihadapkan pada  berbagai pilihan.  Apakah akan melanjutkan ke  jenjang pendidikan yang lebih tinggi ( kuliah), bekerja, mengambil kursus-kursus, memasuki kehidupan perkawinan atau pilihan lainnya. Pada umumnya  siswa-ssiwi lebih memilih untuk melanjutkan  Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pilihan ini pun juga tidak mudah. Karena mereka  mesti memilih  yang paling pas dengan dirinya, dengan  bakatnya, dengan minatnya, dengan sumber dananya, dengan lokasinya, dengan program studinya, dengan pilihan karirnya, dengan peluang yang ada dan juga dengan keinginan orang tua yang terkadang berbeda dengan pilihan anak.

Menjadi  kewajiban  sekolah untuk membantu siswa-siswi dalam menentukan pilihan  pendidikan tinggi.  Ada banya cara yang  bisa dilakukan oleh sekolah, salah satu diantaranya  adalah  dengan menyelenggarakan Pameran Pendidiikan. Pada acara ini, sekolah mengundang  berbagai Perguruan Tinggi  dan agen-agen Pendidikan luar negri yang ada di Jakarta dan sekitarnya yang  akan  membantu  menjelaskan tentang  bagaimana  kehidupan di perguruan tinggi,  program studi apa saja yang bisa mereka pilih, pilihan karir apa saja yang  bisa mereka  tekuni setelah selesai kuliah dan informasi lain yang  dibutuhkan oleh siswa-siswi.

Pameran Pendidikan di SMA Tarakantia merupakan  kegiatan  yang  diselenggarakn setiap tahun. Kurang lebih  35 institusi Pendidikan Tinggi mengambil bagian dalam kegiatan ini. Sebagian besar  dari Institusi yang  berpartisipasi merupakan lembaga yang sudah  sekian lama menjalin kerjasama. Bentuk kerjasama yang dilakukan  tidak hanya sebatas  pada kegiatan Pameran  pendidikan saja, melainkan  pada kegiatan yang lain juga. Misalnya dari Perguruan Tinggi memberikan  Seminar untuk siswa, menjadi sponsor pada kegiatan yang dilakukan oleh siswa, memberikan workshop pada beberapa   kegiatan ekstrakurikuler.

Sampai pada Lustrum yang ke-8 SMA Tarakanita,  Pameran Pendidikan sudah berlangsung sebanyak 14 kali. Bagi siswa, Pameran Pendidikan merupakan sarana yang  tepat bagi mereka untuk bisa memilih mana yang paling pas bagi dirinya, dari sekian banyak penawaran yang diberikan oleh Perguruan  Tinggi, mereka akan membuat perbandingan sebelum memutuskan untuk kuliah di mana. Bagi Perguruan Tinggi, ini merupakan ajang yang  tepat untuk mempromosikan program yang ada di masing-masing institusinya sebagai upaya untuk menjaring calon mahasiswa.

Dan Bagi sekolah,  ini merupakan ajang untuk belajar banyak bagaimana menjalin  hubungan yang baik dengan instistusi lain, balajar bagaimana cara untuk mempromosikan diri untuk menjaring calon siswa dan belajar bagaimana mengajari siswa menetukan pilihan.

Semoga Pameran Pendidikan yang dilaksanakan setiap tahun tidak hanya menjadi  kegiatan rutin belaka tetapi  benar-benar menjadi sarana yang bisa membantu siswa-siswa  dalam menentukan pilihan studi  lanjutnya sehingga  siswa-siswa   memiliki pilihan yang pas untuk masa depannya. Semoga kerjasama yang panjang antara SMA Tarakanita dengan Institusi Pendidikan Tinggi tetap terjalin dengan baik. “Semoga”.





Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :