HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.80.26.116
Pengunjung : 248.411






Komentar Terbaru :




Newsflash :
PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK REYNARD ARDIAN SIMANJUNTAK (SMP STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 TINGKAT NASIONAL DLM LOMBA INDONESIA ROBOTIK OLIMPIADE DI SURABAYA             |             PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL             |             PROFICIAT UTK SMP TAR 1 JKT YG MERAIH 'JUARA I GITAR SOLO' DLM FLS2N TINGKAT PROVINSI DKI             |             PROFICIAT KPD CLARISSA FELICIA (KELAS XII MIPA4 SMA STELLA DUCE I,YK) YG MERAIH JUARA II OLIMPIADE BIOLOGI TINGKAT NASIONAL DI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK VOCAL GROUP : SMP TARAKANITA 4 (JUARA I), SMP TARAKANITA 3 (JUARA II), SMP TARAKANITA 5 (JUARA III) DALAM FLS2N TINGKAT PROVINSI DKI JAKARTA

Artikel :



Berdisiplin Sembari Memupuk Rasa Nasionalisme


Selasa; 21 February 2017 [Admin, SMA TARAKANITA 2 JAKARTA] - Artikel Umum

Setiap sekolah selalu memiliki peraturan yang harus dipatuhi dan dilaksanakan. Begitu pula di SMA Tarakanita 2, terdapat peraturan bagi siswa yang harus disepakati dan ditaati. Utamanya peraturan ditujukan untuk siswa yang terlambat datang ke sekolah. Keterlambatan datang ke sekolah memang dapat dialami oleh semua siswa dengan berbagai alasan. Namun, sekolah memiliki peraturan untuk membentuk kedisiplinan siswa agar dapat datang tepat waktu. Adanya peraturan tersebut sebagai bentuk pembinaan pengembangan kepribadian siswa.

Apabila siswa dapat datang tepat waktu, akan banyak dampak positif yang mereka terima seperti dapat mempersiapkan diri sebelum belajar, bertemu dengan teman dan guru lebih awal, tidak terburu-buru, dapat membentuk karakter disiplin dalam menghargai waktu. Dampak positif yang demikian itu telah menjadi fokus utama SMA Tarakanita 2 dalam membentuk kepribadian siswa.

Pada umumnya ketika ada siswa yang terlambat mereka tidak dapat mengikuti jam pelajaran pertama. Lalu mereka akan menunggu di ruang piket guru atau di berdiri di lapangan. Namun, berbeda dengan SMA Tarakanita 2. Berkolerasi dengan kedisiplinan, SMA Tarakanita 2 memiliki peraturan yang unik. Bagi siswa yang terlambat datang ke sekolah ada beberapa hal yang harus dilakukan sebagai sanksi atas keterlambatannya. Bagi siswa yang terlambat satu kali, menyanyikan dua lagu wajib nasional. Siswa yang terlambat dua kali, menyanyikan lima lagu wajib nasional. Siswa yang terlambat tiga kali, mengeksplorasi budaya di satu provinsi Indonesia tulis tangan sekitar tiga halaman. Siswa yang terlambat empat kali atau lebih, mengeksplorasi budaya di satu provinsi Indonesia tulis tangan dan dipresentasikan di depan meja piket. Selain itu, apabila lebih dari lima kali, orang tua siswa dipanggil untuk datang ke sekolah.

Peraturan yang dibuat tersebut mengarah pada upaya memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air Indonesia. Dengan menyanyikan lagu-lagu nasional, para siswa mau tidak mau menghafalkan lagu-lagu tersebut dan dapat pula menghayati setiap lirik lagu nasional Indonesia. Selain itu, membuat tulisan tentang kebudayaan provinsi-provinsi di Indonesia dapat menambah wawasan keindonesiaan para siswa. Jadi, meskipun siswa terlambat datang mereka tidak hanya sekadar diberi sanksi menunggu atau mendapat hukuman fisik semata. Sanksi bukan hanya memberikan pembelajaran untuk tidak mengulangi datang terlambat melainkan juga berdampak pada rasa nasionalisme dan wawasan keindonesiaan mereka semakin bertambah. Pembentukan kepribadian yang disiplin sembari memupuk rasa nasionalisme siswa tercermin di lingkungan SMA Tarakanita 2! (Ssl)







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :