HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.146.50.80
Pengunjung : 264.154






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT DATANG PARA PESERTA OLIMPIADE SAINS TARAKANITA NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI SMA TARAKANITA 1 PULO RAYA, JAKARTA 8 - 10 NOVEMBER 2017             |             PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK REYNARD ARDIAN SIMANJUNTAK (SMP STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 TINGKAT NASIONAL DLM LOMBA INDONESIA ROBOTIK OLIMPIADE DI SURABAYA             |             PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL

Artikel :



Bersinergi Itu Indah


Selasa; 21 February 2017 [Admin, SMA TARAKANITA 2 JAKARTA] - Artikel Umum

Terlewatnya setiap jam, menit bahkan detik akan menghasilkan sebuah pengalaman bagi seseorang. Kumpulan pengalaman baik yang manis maupun pahit akan menjadi suatu masa lalu di dalam hidup seseorang. Begitu juga bagi warga SMA Tarakanita 2 Jakarta. Ketika di sekolah, banyak pengalaman yang bisa mereka dapatkan dan sulit untuk dilupakan. Mulai dari berangkat ke sekolah, mendapat teman baru, mengikuti pelajaran, mengajar di kelas, melengkapi administrasi, mengikuti kegiatan sekolah seperti ekstrakurikuler, lomba-lomba bidang ilmu maupun olahraga, dapat sanksi dari guru, membolos ikut pelajaran, berkelompok dengan teman dan sebagainya. Dari sekian banyak kegiatan yang dialami, SMA Tarakanita 2 tidak semata-mata sebagai tempat di mana siswa datang untuk belajar atau mempelajari ilmu. Lebih dari itu, setiap warga diberi kesempatan untuk belajar mengalami hidup bersama teman, guru, karyawan agar nantinya mereka memiliki karakter sebagaimana sejatinya manusia. Pengalaman hidup yang demikian inilah yang bernilai tinggi.

Dalam hidup bersama, seperti halnya di lingkungan sekolah juga membutuhkan kerja sama secara sinergis guna mewujudkan hal yang diharapkan. Bersinergi seperti ketika kita bekerja bersama dalam sebuah kelompok, kita harus saling mendukung, dan menghargai satu sama lain sehingga menghasilkan sebuah kekuatan yang besar dan hasil yang optimal sebagai kerja tim. Sebagai contoh ideal dari sinergi dan kerjasama tim adalah “Semut”. Sejumlah semut adalah pemotong daun, semut-semut yang lain membawa daun kesarang. Lalu ada tim prajurit yang mempertahankan dari serangan pemangsa semut. Ada tim semut kecil yang menaiki daun untuk melindungi terhadap parasit. Ada ratu semut yang bertelur dan ada pekerja yang melayani ratu dan bayinya. Setiap semut bila bertemu dengan sesamanya meluangkan waktu sejenak untuk bertegur sapa. Manusia pun bisa seperti semut, bekerja bersama sebagai sebuah tim kerja.

Hal tersebut telah diwujudkan di SMA Tarakanita 2. Setiap guru, karyawan, dan siswa saling bekerja sama dengan posisi dan tugas masing-masing. Guru mengajar dan mendidik siswa, karyawan mendukung dan membantu mengelola administrasi dan fasilitas yang diperlukan, dan siswa menempati posisi sebagai subjek yang perlu diajari dan dididik. Keberadaan guru, karyawan, dan siswa membentuk suatu kelompok sosial yang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Hal tersebut bertujuan mewujudkan tujuan pendidikan seutuhnya. Meskipun sebagai suatu kelompok, tidak dapat dipungkiri adanya perbedaan-perbedaan.

Pada prinsipnya kunci untuk menciptakan sinergi dalam kelompok sosial di SMA Tarakanita 2, yaitu dengan belajar untuk menghargai bahkan mensyukuri perbedaan  yang ada. Baik berbeda latar belakang keluarga, kepribadian, pengalaman, keyakinan dan sebagainya. Sebab sejatinya perbedaan-perbedaan itulah yang menunjukkan hasil kerja tim menjadi lebih baik dan optimal. Kita tahu memang di dalam hidup ini setiap orang memiliki perbedaan-perbedaan dan untuk menghargai keunikan orang lain itu sulit. Tetapi seperti lazimnya berlaku asas “Kalau setiap orang berpikiran sama tentunya tidak ada tempat lagi yang berpikir berbeda”. Tanpa perbedaan, tidak ada dasar untuk sinergi, tidak ada pilihan untuk menciptakan solusi-solusi dan peluang-peluang baru. Karena perbedaan itu adalah keunikan yang hakiki, maka tak salah jika bersinergi itu indah. Hal tersebut dapat ditemukan di SMA Tarakanita 2! (Ssl)







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :